Tentang Tavip Indonesia

Tavip Indonesia adalah sebuah organisasi/komunitas sosial yang sifatnya nirlaba, anggotanya terdiri orang – orang yang mempunyai nama Tavip ( vivere pericoloso ) serta dari individu lainnya yang berkomitmen untuk membawakan semangat dan harapan bagi lingkungan social serta mereka yang berkekurangan.

Motivasinya masing-masing anggota berkeyakinan bahwa dengan saling tolong menolong dan bahu membahu serta peduli terhadap satu sama lain dapat memberi solusi bagi persoalan rumit yang dihadapi oleh masyarakat dewasa ini.

Tavip Indonesia dengan seluruh anggoutanya dari latar belakang kebudayaan dan agama berbeda mempunyai visi menciptakan persahabatan,dan kepedulian serta keprihatinan di saat saat yang dibutuhkan

Seperti kita ketahui bersama  pemberian nama Tavip dicetuskan oleh Bung Karno pada tahun 1964 sebagai judul pidato kenegaraan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-19: “Tahun Vivere Pericoloso” (disingkat TAVIP artinya vivere pericoloso), Vivere Pericoloso, adalah sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang artinya kurang lebih adalah, “hidup secara berbahaya”.

Nama TAVIP menurut kami ini sesuatu yang UNIK. Kumpulan nama anak-anak Bangsa Indonesia yang lahir dari satu Bapak Soekarno dan ibu yang sama, yaitu Ibu Pertiwi, dalam arti dari satu Sejarah Bangsa Indonesia - sebagai bagian sejarah perjalanan bangsa Indonesia. 

Adapun dalam isi pidatonya, Bung Karno mengambil judul “Tahun Vivere Pericoloso” yang antara lain mengungkapkan tiga paradigma besar yang bisa membangkitkan Indonesia menjadi bangsa yang besar baik secara politik maupun ekonomi. Konsep tersebut di sebut Tri Sakti.

Tri sakti yang di maksudkan Bung Karno adalah.

  1. Berdaulat dalam politik.
  2. Berdikari dalam Ekonomi.
  3. Berkepribadian dalam kebudayaan.
Semangat Tri Sakti di atas penting sekali untuk dicermati dalam kaitannya kita terutama dalam maksud dan tujuan membentuk Yayasan Tavip Indonesia. Karena konsep tersebut masih sangat relevan dengan kondisi bangsa Indonesia.


TAVIP INDONESIA tentu saja mendukung konsep apapun yang mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia, termasuk Tri Sakti yang merupakan salah satu warisan Bung Karno kepada kita semua.


TAVIP INDONESIA menginginkan kehidupan bangsa yang aman di segala bidang, tanpa ketakutan dan bahaya, berdemokrasi yang berbasis warga negara yang kuat, bangsa yang terpanggil untuk merebut masa depan yang gemilang, dengan keringat dan tangan sendiri.


TAVIP INDONESIA memimpikan ke depan adanya era demokrasi Indonesia yang menjadi tempat persandingan kebinekaan (keberagaman) dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, dan kebebasan dengan kesejahteraan. Kami TAVIP INDONESIA menginginkan kehidupan bangsa yang aman di segala bidang, tanpa ketakutan dan bahaya, berdemokrasi yang berbasis warga negara yang kuat, bangsa yang terpanggil untuk merebut masa depan yang gemilang, dengan keringat dan tangan sendiri.

Comments

Popular Posts