KONGRES UNIK TAVIP INDONESIA

Pada tanggal 11 Nopember 2011 telah berlangsung KONGRES TAVIP INDONESIA bertempat di Taman rekreasi wiladatika Cibubur Jakarta  adapun kongres ini yang pertama kali diselenggarakan dari kumpulan orang – orang yang mempunyai nama yang sama yaitu Tavip, serta tahun kelahiran yang sama antara tahun 1964  - 1965 an

KONGRES TAVIP INDONESIA  mengagendakan pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga  TAVIP INDONESIA , termasuk diantaranya pembahasan program kerja serta visi dan misi dalam kaitannya membentuk organisasi / yayasan bidang sosial kemasyarakatan.
Tidak kurang dari 100 an peserta Kongres hadir mengikuti pelaksanaan KONGRES TAVIP INDONESIA , dengan suasana akrab, penuh persahabatan  dan mungkin yang paling Unik yang terjadi di Indonesia berkumpulnya Penyadang Nama – nama Tavip Se Indonesia dari beberapa pelosok propinsi di tanah air.

Dengan mengangkat visi” Bangsa Indonesia yang merdeka seutuhnya secara hakiki terbebas dari srempetan bahaya dalam segala bentuk dan dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kegiatan ini menghasilkan kepengurusan ketua umum pertama Tavip Indonesia. Terpilih sebagai Ketua Umum Tavip Sabarian, Ketua 1 (satu) Saeful Tavip , Ketua 2 (dua) Tavip Santoso, Ketua 3 (tiga) Murni Felita Tavip , Sekretaris 1 (satu ) Fransicus Tavip Kadiaman Sekretaris 2 (dua) Tavip Qenes, Bendahara 1 (satu) Tavip Jiang dan Bendahara 2 (dua) Muhammad Tavip Fansyuri


Pada kesempatan itu dilakukan juga deklarasi TAVIP INDONESIA Tepat Pukul 11  Malam dengan penuh khidmad diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta ditutup dengan Lagu Padamu Negeri, serasa menggetarkan hati setiap peserta yang mengahdiri Kongres tersebut.

TAVIP INDONESIA  terlahir sebagai sarana Komunikasi dari berbagai kepentingan yang dilatar belakangi oleh Tavip Group, dari sekumpulan pemilik nama yang mengandung makna kata TAVIP di Indonesia. Dan saat ini sekitar 400 an  bergabung melalui komunitas jejaring social Facebook.

Seperti kita ketahui bersama  pemberian nama Tavip dicetuskan oleh Bung Karno pada tahun 1964 sebagai judul pidato kenegaraan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-19: “Tahun Vivere Pericoloso” (disingkat TAVIP artinya vivere pericoloso), Vivere Pericoloso, adalah sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang artinya kurang lebih adalah, “hidup secara berbahaya”.

Nama TAVIP menurut kami ini sesuatu yang UNIK. Kumpulan nama anak-anak Bangsa Indonesia yang lahir dari satu Bapak Soekarno dan ibu yang sama, yaitu Ibu Pertiwi, dalam arti dari satu Sejarah Bangsa Indonesia - sebagai bagian sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Adapun dalam isi pidatonya, Bung Karno mengambil judul “Tahun Vivere Pericoloso” yang antara lain mengungkapkan tiga paradigma besar yang bisa membangkitkan Indonesia menjadi bangsa yang besar baik secara politik maupun ekonomi. Konsep tersebut di sebut Tri Sakti.

Tri sakti yang di maksudkan Bung Karno adalah.
  1. Berdaulat dalam politik.
  2. Berdikari dalam Ekonomi.
  3. Berkepribadian dalam kebudayaan.
Semangat Tri Sakti di atas penting sekali untuk dicermati dalam kaitannya kita terutama dalam maksud dan tujuan membentuk Yayasan Tavip Indonesia. Karena konsep tersebut masih sangat relevan dengan kondisi bangsa Indonesia.

TAVIP INDONESIA tentu saja mendukung konsep apapun yang mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia, termasuk Tri Sakti yang merupakan salah satu warisan Bung Karno kepada kita semua.

Melalui  Kongres TAVIP INDONESIA  yang juga merupakan Kongres Pertama yang dilaksanakan di Tavip Group, telah dilaksanakan secara demokratis dan dapat menyelesaikan dan melahirkan  Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga TAVIP INDONESIA hingga terpilihnya Mandataris Ketua Umum  TAVIP INDONESIA. Dan terbentuknya YAYASAN TAVIP INDONESIA ini merupakan keinginan para Tavip untuk bersatu padu mengoptimalkan potensi yang dimilikinya secara bersama-sama, berperan aktif membangun kebersamaan dan berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

TAVIP INDONESIA menginginkan kehidupan bangsa yang aman di segala bidang, tanpa ketakutan dan bahaya, berdemokrasi yang berbasis warga negara yang kuat, bangsa yang terpanggil untuk merebut masa depan yang gemilang, dengan keringat dan tangan sendiri.

TAVIP INDONESIA memimpikan ke depan adanya era demokrasi Indonesia yang menjadi tempat persandingan kebinekaan (keberagaman) dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, dan kebebasan dengan kesejahteraan. Kami TAVIP INDONESIA menginginkan kehidupan bangsa yang aman di segala bidang, tanpa ketakutan dan bahaya, berdemokrasi yang berbasis warga negara yang kuat, bangsa yang terpanggil untuk merebut masa depan yang gemilang, dengan keringat dan tangan sendiri.

Comments

Popular Posts